8 Tips Lancar Menjalini Ibadah Puasa

Posted by Unknown on 20.03

Tips lancar berpuasa -  Puasa adalah kewajiban seorang muslim pada bulan ramadhan, karena dengan berpuasa keimanan kita akan lebih mantab dan lebih kuat ketaqwaaan kita kepada maha pencipta yaitu allah SWT. Dalam berpuasa memanglah banyak sekali cobaan-cobaan yang dihadapi contohnya cobaan mata kita yaitu melihat-lihat yang haram, cobaan perut kita yaitu makanan dan minuman dan cobaan hawa nafsu kita.Berikut Tips Lancar menjalani puasa dariEdy Rizal Wahyudi,SpPD,KGer, FINASIM dari divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, memberikan tips lancar menjalani puasa secara umum untuk seorang berusia lanjut dan juga semua kalangan

Berikut ini tips mudah-mudahan bisa bermanfaat daintaranya sebagai berikut :
  1. Saat sahur usahakan untuk membatasi asupan teh dan kopi. Pasalnya, kedua asupan tersebut membuat metabilisme bejalan cepat. Sehingga cepat mendatangkan rasa haus meski tidak terdehidrasi.
  2. Sangat dianjurkan untuk mengkomsumsi makanan yang lambat dicerna dan memiliki serat yang tinggi. Contohnya gandum, padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian dan nasi merah.
  3. Saat buka puasa dianjurkan untuk mengkomsumsi buah kurma karena mengandung gula serat,karbohidrat, kalsium dan magnesium. Dengan kurma kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang selama puasa perlahan dipenuhi.
  4. Mengkomsumsi pisang saat berbuka sangat baik bagi tubuh anda,sebab pisang merupakan sumber kalsium, magnesium dan karbohidrat.
  5. Batasi makanan yang digoreng saat berbuka, karena dapat meningkatkan sel-sel lemak dalam tumbuh. Hal ini karena seseorang yang sudah dilanjut usia cenderung memiliki keluhan penyakit yang disebabkan lemak, seperti penyakit jantung, jantung koroner dan hipertensi.
  6. Batasi makanan yang lebih cepat dicerna, seperti gula. Hal ini mendatangkan  rasa haus ditengah anda menjalani puasa nantinya.
  7. Konsumsi air atau jus buah antara berbuka puasa dan sebelum tidur. Hal ini bertujuan untuk menyediakan kebutuhan cairan dalam tubuh untuk anda lancar beraktivitas esok harinya.
  8. Hindari terlalu banyak makanan es, karena memudahkan anda keyang. Dimana asupan makanan gixi yang lengkap akan menurun karena tak bisa masuk dalam tubuh
Demikian Tips dari dokter kita, semoga dengan tips yang diatas dapat nberguna bagi para pembaca semua. Selamat menjalankan ibadah puasa dan ibadah lainnya di bulan ramadhan. semoga diberikan kelancaran, kesehatan, dan khusyu serta ikhlas menjalaninya. amien ya robbal alamin.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 20.03

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
CB