Rembuknas 2015 dibuka oleh Jusuf Kalla Wakil Presiden RI

Posted by Unknown on 02.52

Rembuknas 2015 dibuka oleh Jusuf Kalla Wakil Presiden RI
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar kembali Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2015. Rembuk Nasional diisukan akan hadirnyapresiden kita Joko Widodo akan tetapi presiden saat ini berada di Taipe Beijing tidak dapat menghadirinya, berhubung presiden tidak dapat menghadiri Rembuk Nasional 2015 Kali ini RNPK 2015 dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Rembuk Nasional 2015 diselenggarakan di Puspitek Bojong Sari Depok, Rembuknas berfokus untuk membahas tiga strategi utama dalam pendidikan dan kebudayaan di Indonesia diantaranya sebagai berikut. 

Strategi pertama adalah melalui penguatan pelaku pendidikan dan kebudayaan. Mengingat,  poin penting ini kerap kali terlupakan pada implementasi pendidikan dan kebudayaan selama ini," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan, dalam pembukaan RNPK 2015, di Depok, Jawa Barat, Paparan Mendikbud tentang membahas mutu pendidikan akan bersaing dengan pendidikan Internasional.

Strategi kedua, lanjut dia, melalui percepatan peningkatan mutu dan akses pendidikan. Hal itu untuk mengoptimalkan capaian Wajib Belajar 12 Tahun maupun peningkatan ketersediaan layanan pendidikan di Indonesia.Dalam hal peningkatan mutu dan cepatnya akses pendidikan dalam hal ini Pusat Teknologi Komunikasi Pendidikan (PUSTEKKOM) akan mensupport segala hal teknis mengenai hal penddiikan dan teknikal support.

Strategi terakhir melalui peningkatan efektifitas tata kelola birokrasi dengan pelibatan publik. Sehingga, dapat melibatkan publik dalam seluruh aspek pengelolaan kebijakan pendidikan, baik di daerah maupun di kota. Guna untuk mempermudah publik dalam mencari informasi

Kali ini, Kemendikbud memilih tema 'Memperkuat Pelaku dan Ekosistem Pendidikan dan Kebudayaan yang Berkarakter Dilandasi Semangat Gotong Royong'.
Anies mengungkapkan, tema yang dipilih itu merupakan bentuk upaya untuk memfokuskan gerak insan pendidikan. Dikarenakan, upaya itu hanya bisa tercapai dengan kerja sama dari semua aspek pelaku dan ekosistem pendidikan.Dal hal ini semua harus bersinergi dan mempunyai satu divisi, satu misi, dan satu tujuan untuk membangun pendidkan agar lebih baik dan bisa besaing dengan dunia Internasional dalam hal pendidikan.

Agenda tahunan ini dilaksanakan di Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan (Pusbangtendik) dan dijadwalkan akan berlangsung hingga Selasa 31 maret 2015. Tercatat, sekitar 900 lebih peserta menghadiri RNPK 2015 ini, baik dari para pejabat dinas pendidikan daerah, UPT, hingga para akademisi. 

"Ketiga strategi yang dipilih ini merupakan pokok utama  untuk membangun dunia pendidikan agar melebih maju dan lebih baik," katanya. 

Disamping ketiga strategi-strategi tersebut Jusuf kalla, wakil presiden juga turut andil dalam mensukseskan Rembuknas 2015.Beliau membuka acara Rembuknas 2015 juga sedikit memberikan paparan tentang peningkatan mutu belajar mengajar untuk mencetak generasi-generasi yang berkualitas dan inovatif. Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka RNPK 2015 ini, selain itu nampak pula Gubernur Jawa Barat Ahmad Heriyawan, Kepala Dinas Pendidikan Sijunjung  dan  para pejabat Kemendikbud menghadiri pembukaan agenda Rembuknas 2015 ini.



Nama Anda
New Johny WussUpdated: 02.52

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
CB